ARUS LISTRIK DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

ARUS LISTRIK DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Assalamu'alaikum Wr . . . Wb . . .
Mari kita ikutin tentang ARUS LISTRIK..
Saya akan membahas tentang arus listrik,
Arus listrik sangat penting pada kehidupan sehari-hari, Jika sekarang tidak ada arus listrik makn kita tidak bisa buat apa, sebagian besar sudah memilikin Genarator kecil di rumah-rumah,

Mari kita pelajari tentang arus listrik...

ARUS LISTRIK 


Amper adalah satuan SI untuk besaran pokok listrik, dilambangkan dengan huruf A. Satu amper adalah suatu arus listrik yang mengalir, sedemikian sehingga di antara dua penghantar lurus dengan panjang tak terhingga, dengan penampang yang dapat diabaikan, dan ditempatkan terpisah dengan jarak satu meter dalam vakum, menghasilkan gaya sebesar 7 2 10 x newton per meter. Satuan ini diambil dari nama André-Marie Ampère, salah satu penemu elektromagnetik.

DEFINISI ARUS LISTRIK

Adalah Elektron-elektron yang mengalir melalui suatu penghantar tiap detik.atau dengan kata lain adalah mengalirnya elektron secara terus menerus dan berkesinambungan pada konduktor akibat perbedaan jumlah elektron pada beberapa lokasi yang jumlah elektronnya tidak sama.

Besarnya arus listrik yang mengalir melalui konduktor adalah sama dengan jumlah elektron bebas yang melewati penampang konduktor setiap detik. Arus listrik dinyatakan dengan I (Intensity) sedangkan besar arus listrik dinyatakan dengan satuan ampere, disingkat A.Satu amperA sama dengan pergerakan 6.25 x 1018 elektron bebas yang melewati konduktor setiap detik. Atau dengan pengertian lain 1 ampere arus adalah mengalirnya elektron sebanyak 624x1016 (6,24151 × 1018) atau sama dengan 1 Coulumb per detik melewati suatu penampang konduktor”  


Arus listrik bergerak dari terminal positif (+) ke terminal negatif (-), sedangkan aliran listrik dalam kawat logam terdiri dari aliran elektron yang bergerak dari terminal negatif (-) ke terminal positif(+), arah arus listrik dianggap berlawanan dengan arah gerakan elektron. 

Bentuk GambarGerakan Elektron:




Elektron bebas yang bermuatan negative selamanya akan selalu tolak menolak satu dengan lainnya. Bila ada kelebihan electron disatu tempat, maka akan ada kekurangan electron ditempat lainnya, electron akan selalu bergerak ketempat yang kosong, dan kemudian mencoba untuk saling menjauh satu sama lainnya. Saat pergerakan ini terjadi, aliran atau arus elektron terbentuk, Arus akan terus berlanjut sampai electron genap terpisah dari intinya.

Arus dapat digambarkan seperti laju aliran elektron, besarnya aliran electron bias diumpamakan seperti pada pipa air. Pada pipa yang diameternya lebih besar mempunyai kapasitas aliran yang lebih besar pula. Artinya adalah aliran arus akan besar bila jumlah electron yang bergerak juga banyak, sehingga semburan air bisa jauh seperti gambar dibawah ini.

Pada pipa yang diameter kecil mempunyai kapasitas aliran yang lebih kecil, 12 artinya aliran arus akan kecil karena jumlah elektron yang mengalir kecil. Berakibat semburan air melalui pipa menjadi kecil.


Bentuk gambar Aliran Elektron Dan Arus listrik: 



Formula arus listrik adalah:

Dimana:


 I = besarnya arus listrik yang mengalir, ampere 
Q = Besarnya muatan listrik,    coulomb
t = waktu, detik


Hanya itu yang dapat saya sampaikan tentang arus listrik,
terimakasih...

wassalam..



Mukhtisar



Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top