Kali ini saya akan membahas tentang motor listrik,,
Jaman sekarang yang serba listrik ini hampir semua orngmempunyai motor
listrik Satu fasa karna sangat membantu dan sangat bermanfaat untuk
menunjang perkerjaan sehari-hari.Motor
listrik satu fasa, bisaberkerja sendiri atau melengkapi mesin yang bentuk
dan kegunaan nya lebih kompleks, misal nya Bor Listrik, Pompa air, Mesin suci, Kipas
angin, dll.
Dengan semakin Banyak motor Listrik atau Fasa Ynag beredar
dan di jual di pasaran,Peluang Usaha Yang cukup menjanjikan Pun terbuka, Salah
Satu nya adalah Usaha Servis perbaikan motor listri. Teknik yang paling
penting dan perlu di kuasai sebelum membuka usaha ini adalah keahlian Untuk
menggulung Ulang Kumpara,,
Materi Dalam Artikel ini Saya Tulis Berdasarkan pengalaman saya, selama
Saya belajar Electronik. Isi artikel ini menjelas kan semua proses yang akan di
kerjakan dalam pengulungan ulang kumparan untuk motor listrik satu fasa.
Penjelasan nya lebih mengutamakan praktik atau langkah-langkah praktis di
bandingkan dengan teori. Artikel ini cocok dan Bermanfaat sekali bagi siswa
SMU, SMK, Calon teknis dan masyarakat umum yang mempunyai motor listrik satu
fasa. Semoga artikel Ini Bisa membantu.
Langsung Saja kita bahas tentang Motor
Fasa Terpisah (SPLIT-PHASE MOTOR)
Motor fasa terpisah (split-phase motor) termasuk dalam kategori motor
induksi. Sama persis dengan motor induksi yang lain, motor fasa terpisah juga
mempunyai dua bagian (komponen) utama, yaitu :
1.
ROTOR
Rotor adalah
bagian motor listrik yang berputar. Rotor ini berbentuk silinder dan terbuat
dari pelat-pelat besi yang di press atau di padat kan. Seperti motor induksi
yang lain, rotor pada motor fasa terpisah juga tidak berkumparan. Oleh karena
itu, rotor ini jarang sekali rusak.
2.
STATOR
Stator adalah
bagian motor listrik yang diam atau
berputar. Stator juga dibuat dengan menyusun dan mengepress pelat-pelat besi
menjadi bentuk yang utuh dan rapi sebagai tempat semu kumparan. Biasanya pada
stator pada motor induksi (kecuali pada motor kutub bayangan [shaded-pole
motor]) mempunya 24 alur tempat untuk masuknya semua kumparan, yaitu 2 jenis
kumparan dengan ukuran yang berbeda satu sama lain.
Bentuk gambar motor fasa terpisan dan kmomponennya :
Dua jenis kumparan yang ada pada stator untuk motor fasa terpisah dan semua
type motor kapasitor adalah sbb :
1.
Kumparan utama (kumparan Running)
kumparan
utama terbuat dari tembaga yang ukurannya lebih besar dari pada tembaga untuk
membuat kumparan bantu. Karena berukuran lebih besar, hambatannya menjadi lebih
kecil dan medan magnet yang dikeluarkan lebih kuat. Letak kumparan utama ini
adalah di bagian terdalam alur stator, yaitu ditindih (ditimpa) oleh kumparan
bantu. Saat membongkar kumparan, kumparan utama adalah bagian terakhir yang
harus dikeluarkan dari dalam alur stator. Sebaiknya, saat memasang kumparan,
kumparan utama adalah bagian utama adalah bagian pertama yang akan dimasukkan
kedalam alur stator. Kumparan utama juga mepunyai bentuk dan ukuran kumparan
yang lebih besar dari pada kumparan bantu.
2.
Kumparan bantu (kumparan start)
Kumparan bantu
adalah kebalikan dari kumparan utama yaitu dibuat dari tembaga yang lebih
kecil. Karena lebih kecil, hambatannya lebih besar dan magnet yang
dihasilkannya lebih lemah, kumparan bantu adalah kelompok kumparan yang
letaknya ada di bagian terluar alur stator, menindih kumparan utama. Saat membongkar
kumparan, kumparan bantu adalah bagian utama yang harus dikeluarkan dari dalam
alur stator. Sebaiknya saat memasang kumparan, kumparan bantuk adalah bagian
terakhir yang harus dimasukkan ke dalam alur stator. Kumparan bantu juga
mempunyai bentuk dan juga ukuran kumparan yang lebih kecil dari pada kumparan
utama.
Sistem kumparan yang sering digunakan oleh motor fasa terpisan dan semua
type motor kapasitor adalah sistem kumparan type dua kutub dan empat kutub. Kalau
kutub statornya semakin banyak, tenaga putar yang dihasilkannya juga semakin
kuat (besar). Akan tetapi putarannya akan semakin lambat.
Berikut adalah gambaran
penjelasan dari kedua sistem kumparan tsb :
1.
Sistem kumparan type dua katub
Kumparan utama
dan kumparan bantu pada motor listrik type dua katub mempunyai dua baris kolom
kumparan yang posisinya saling berhadapan dan sambung secara seri. Kelebihan dari
motor listrik type dua kutub ini adalah putaran rotornya lebih cepat (3.000 RPM) bila dibandingkan dengan motor
listrik type empat katub. Meskipun demikian tenaga putar yang dihasilkan lebih
lemah. Contoh motor fasa terpisah type dua kutub adalah kompresor lemari es.
Bentuk gambar sistem sambung pada motor fasa terpisah dua
kutub :
2.
Sitem kuparan type empat kutub
kumparan
utama dan kumparan bantu pada motor listrik type empat kutub berbeda, yaitu
mempunyai empat baris kelompok yang disambung secara seri. Kelebihan dari motor
listrik empat kutub adalah tenaga putar yang dihasilkan lebih kuat dibandingkan
dengan motor listrik type dua kutub, tetapi putaran rotornya lebih lambat
(1.500 RPM). Motor fasa terpisah
type empat kutup cocok digunakan untuk mesin-mesin yang membutuhkan tenaga
putar besar, seperti kompresor angin, mesin
bordir, dan sebangainya.
Bentuk gambar sistem sambungan pada motor fasa terpisah
type empat kutub :
Kelebihan motor fasa terpisah adalah tenaga dan kecepatan putar rotornya
tetap (stabil). Jadi, motor jenis ini tidak dipengaruhi oleh berat kecilnya
beban yang dipakai. Sedangkan kekurangannya adalah medan (tenaga) putar untuk
start yang tidak baik. Maka untuk menghasilkan medan putar yang baik, arus
listrik kumparan bantu arus segera diputuskan (dilepaskan) jika putaran rotor
nya hampir mencapai putaran normal. Agar arus listrik terputus, kumparan bantu
harus disambung secara seri dengan kontak harus dari sakelar sentrifugal yang
dipasang pada kutub belakang motor. Sakelar sentrifugal akan terbuka karena
gaya sentrifugal yang terjadi saat putaran rotornya hampir mencapai dari
putaran normal. Ada juga jenis motor fasa terpisah yang tidak memakai sakelar
sentrifugal, tetapi memakai relai
magnetik.
Sekian artikel dari saya
tentang Motor Fasa Terpisah , Mungkin bisa bermanfaat bagi sobat
Wassalam . . . .