Motor Fasa Terpisah (Split-Phase Motor)

Motor Fasa Terpisah (Split-Phase Motor)

Assalamu'alaikum Wr . . . Wb . . .



Kali ini saya akan membahas tentang motor listrik,,

Jaman sekarang yang serba listrik ini hampir semua orngmempunyai motor listrik Satu fasa karna sangat membantu dan sangat bermanfaat untuk menunjang perkerjaan sehari-hari.Motor listrik satu fasa, bisaberkerja sendiri atau melengkapi mesin yang bentuk dan kegunaan nya lebih kompleks, misal nya Bor Listrik, Pompa air, Mesin suci, Kipas angin, dll.
Dengan semakin Banyak motor Listrik atau Fasa Ynag beredar dan di jual di pasaran,Peluang Usaha Yang cukup menjanjikan Pun terbuka, Salah Satu nya adalah Usaha Servis perbaikan motor listri. Teknik yang paling penting dan perlu di kuasai sebelum membuka usaha ini adalah keahlian Untuk menggulung Ulang Kumpara,,
Materi Dalam Artikel ini Saya Tulis Berdasarkan pengalaman saya, selama Saya belajar Electronik. Isi artikel ini menjelas kan semua proses yang akan di kerjakan dalam pengulungan ulang kumparan untuk motor listrik satu fasa. Penjelasan nya lebih mengutamakan praktik atau langkah-langkah praktis di bandingkan dengan teori. Artikel ini cocok dan Bermanfaat sekali bagi siswa SMU, SMK, Calon teknis dan masyarakat umum yang mempunyai motor listrik satu fasa. Semoga artikel Ini Bisa membantu.

Langsung Saja kita bahas tentang Motor Fasa Terpisah (SPLIT-PHASE MOTOR)

Motor fasa terpisah (split-phase motor) termasuk dalam kategori motor induksi. Sama persis dengan motor induksi yang lain, motor fasa terpisah juga mempunyai dua bagian (komponen) utama, yaitu :


1.     ROTOR

Rotor adalah bagian motor listrik yang berputar. Rotor ini berbentuk silinder dan terbuat dari pelat-pelat besi yang di press atau di padat kan. Seperti motor induksi yang lain, rotor pada motor fasa terpisah juga tidak berkumparan. Oleh karena itu, rotor ini jarang sekali rusak.


2.     STATOR

Stator adalah bagian  motor listrik yang diam atau berputar. Stator juga dibuat dengan menyusun dan mengepress pelat-pelat besi menjadi bentuk yang utuh dan rapi sebagai tempat semu kumparan. Biasanya pada stator pada motor induksi (kecuali pada motor kutub bayangan [shaded-pole motor]) mempunya 24 alur tempat untuk masuknya semua kumparan, yaitu 2 jenis kumparan dengan ukuran yang berbeda satu sama lain. 



Bentuk gambar motor fasa terpisan dan kmomponennya :






Dua jenis kumparan yang ada pada stator untuk motor fasa terpisah dan semua type motor kapasitor adalah sbb :


1.   Kumparan utama (kumparan Running)

kumparan utama terbuat dari tembaga yang ukurannya lebih besar dari pada tembaga untuk membuat kumparan bantu. Karena berukuran lebih besar, hambatannya menjadi lebih kecil dan medan magnet yang dikeluarkan lebih kuat. Letak kumparan utama ini adalah di bagian terdalam alur stator, yaitu ditindih (ditimpa) oleh kumparan bantu. Saat membongkar kumparan, kumparan utama adalah bagian terakhir yang harus dikeluarkan dari dalam alur stator. Sebaiknya, saat memasang kumparan, kumparan utama adalah bagian utama adalah bagian pertama yang akan dimasukkan kedalam alur stator. Kumparan utama juga mepunyai bentuk dan ukuran kumparan yang lebih besar dari pada kumparan bantu.


2.   Kumparan bantu (kumparan start)

Kumparan bantu adalah kebalikan dari kumparan utama yaitu dibuat dari tembaga yang lebih kecil. Karena lebih kecil, hambatannya lebih besar dan magnet yang dihasilkannya lebih lemah, kumparan bantu adalah kelompok kumparan yang letaknya ada di bagian terluar alur stator, menindih kumparan utama. Saat membongkar kumparan, kumparan bantu adalah bagian utama yang harus dikeluarkan dari dalam alur stator. Sebaiknya saat memasang kumparan, kumparan bantuk adalah bagian terakhir yang harus dimasukkan ke dalam alur stator. Kumparan bantu juga mempunyai bentuk dan juga ukuran kumparan yang lebih kecil dari pada kumparan utama.


Sistem kumparan yang sering digunakan oleh motor fasa terpisan dan semua type motor kapasitor adalah sistem kumparan type dua kutub dan empat kutub. Kalau kutub statornya semakin banyak, tenaga putar yang dihasilkannya juga semakin kuat (besar). Akan tetapi putarannya akan semakin lambat.


Berikut adalah gambaran penjelasan dari kedua sistem kumparan tsb :





1.     Sistem kumparan type dua katub

Kumparan utama dan kumparan bantu pada motor listrik type dua katub mempunyai dua baris kolom kumparan yang posisinya saling berhadapan dan sambung secara seri. Kelebihan dari motor listrik type dua kutub ini adalah putaran rotornya lebih cepat (3.000 RPM) bila dibandingkan dengan motor listrik type empat katub. Meskipun demikian tenaga putar yang dihasilkan lebih lemah. Contoh motor fasa terpisah type dua kutub adalah kompresor lemari es.




Bentuk gambar sistem sambung pada motor fasa terpisah dua kutub :





2.     Sitem kuparan type empat kutub

kumparan utama dan kumparan bantu pada motor listrik type empat kutub berbeda, yaitu mempunyai empat baris kelompok yang disambung secara seri. Kelebihan dari motor listrik empat kutub adalah tenaga putar yang dihasilkan lebih kuat dibandingkan dengan motor listrik type dua kutub, tetapi putaran rotornya lebih lambat (1.500 RPM). Motor fasa terpisah type empat kutup cocok digunakan untuk mesin-mesin yang membutuhkan tenaga putar besar, seperti  kompresor angin, mesin bordir, dan sebangainya.


Bentuk gambar sistem sambungan pada motor fasa terpisah type empat kutub :




  
Kelebihan motor fasa terpisah adalah tenaga dan kecepatan putar rotornya tetap (stabil). Jadi, motor jenis ini tidak dipengaruhi oleh berat kecilnya beban yang dipakai. Sedangkan kekurangannya adalah medan (tenaga) putar untuk start yang tidak baik. Maka untuk menghasilkan medan putar yang baik, arus listrik kumparan bantu arus segera diputuskan (dilepaskan) jika putaran rotor nya hampir mencapai putaran normal. Agar arus listrik terputus, kumparan bantu harus disambung secara seri dengan kontak harus dari sakelar sentrifugal yang dipasang pada kutub belakang motor. Sakelar sentrifugal akan terbuka karena gaya sentrifugal yang terjadi saat putaran rotornya hampir mencapai dari putaran normal. Ada juga jenis motor fasa terpisah yang tidak memakai sakelar sentrifugal, tetapi memakai relai magnetik.


Sekian artikel dari saya tentang Motor Fasa Terpisah , Mungkin bisa bermanfaat bagi sobat
Wassalam . . . .
Terima kasih atas kunjungannya



Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top