SISTEM KELISTRIKAN SEPEDA MOTOR

SISTEM KELISTRIKAN SEPEDA MOTOR

Assalamu'alaikum Wr . . . Wb . . .

Zaman yang semakin berkembang memberikan dampak positif bagi perkembangan dunia industri. Salah satu dunia industri yang berkembang pesat adalah industri otomotif. Semakin banyaknya pertambahan jumlah penduduk berdampak semakin meningkatnya penggunaan alat transportasi. Salah satu model transportasi yang banyak digunakan dan menjadi pilihan mayoritas masyarakat umum adalah sepeda motor

Pada sistem kelistrikan sepeda motor terdiri dari beberapa komponen utama yang meliputi: 
1. Generator AC 
2. Aki atau baterai 
3. Sistem pengapian 
4. Sistem pengisian 
5. Sistem klakson 
6. Sistem penerangan

Bentuk gambar Sistem kelistrikan standar sepeda motor :


Generator AC berfungsi sebagai pengubah tenaga mekanik dari mesin menjadi tenaga listrik. Tenaga mekanik dari mesin akan digunakan untuk memutar rotor generator sehingga menghasilkan listrik AC. Komponen utama generator AC adalah rotor yang menghasilkan medan magnet putar dan stator yang menghasilkan listrik arus bolak-balik .


Sistem penerangan terdiri dari sistem lampu penerangan depan, belakang, dan lampu peringatan.mpu penerangan depan terdiri atas lampu kepala/depan (head light) dan lampu kota (depan/belakang). Sedangkan lampu peringatan terdiri atas lampu rem (brake light), lampu tanda belok (turn signal light), klakson (horn) dan lampu-lampu indikator. Komponenkomponen pendukung sistem penerangan meliputi sekring (fuse), regulator, flasher, saklar (switch) dan relay.

Bentuk gambar Rangkaian kelistrikan sistem penerangan pada sepeda motor;

Flasher berfungsi untuk memutus dan menghubungkan arus listrik secara otomatis, 
Sistem ini menggunakan multivibrator oscillator untuk menghasilkan pulsa (denyutan) ON-OFF. Selanjutnya flasher akan menghidup-matikan lampu tanda belok agar lampu tersebut berkedip. Tipe flasher terdiri dari 3 tipe yaitu : 

1. flasher dengan kapasitor 
2. flasher dengan bimetal 
3. flasher dengan transistor

Bentuk gambar Flasher :




Sistem pengapian pada sepeda motor berfungsi mengatur proses pembakaran campuran bensin dan udara di dalam silinder sesuai waktu yang sudah ditentukan yaitu pada akhir langkah kompresi. Permulaan pembakaran diperlukan pembakaran tidak bisa terjadi dengan sendirinya. Pembakaran campuran bensin dan udara yang dikompresikan terjadi di dalam silinder setelah busi memercikkan bunga api sehingga diperoleh tenaga akibat pemuaian gas hasil pembakaran kemudian mendorong piston ke TMB (Titik Mati Bawah) menjadi langkah usaha. Sistem pengapian terdiri dari berbagai komponen meliputi kunci kontak, CDI, koil, pulser dan busi.

Bentuk gambar Sistem Pengapian CDI pada sepeda motor:



Busi adalah komponen akhir dari sistem pengapian pada motor bensin yang berfungsi sebagai alat penyalur listrik bertegangan tinggi sekitar 10.000 V ke dalam ruang bakar dan mengubahnya menjadi bunga api untuk membakar campuran gas yang telah dimampatkan di dalam ruang bakar. Pada simulator ini menggunakan busi tipe standar (standard type)

Bentuk gambar Busi standar:


Bentuk gambar Soket CDI Honda supra/grand :



CDI (Capasitive Discharge Ignition) berfungsi untuk memutus arus . Sistem pengapian CDI merupakan penyempurnaan sistem pengapian dengan kontak platina yang mempunyai kelemahan yaitu mengurangi efisiensi kerja mesin. Sistem pengapian CDI memperkenalkan sistem pengaturan pengapian secara elektronik yang tidak perlu melakukan penyetelan untuk mengubah waktu pengapian. 




 Koil berfungsi untuk mengubah listrik tegangan rendah (12 V) dari generator menjadi listrik tegangan tinggi yang kemudian dialirkan ke busi untuk mendapatkan loncatan bunga api listrik pada elektrode busi. Tipe moulded coil menjadi pilihan utama sebab konstruksinya yang tahan dan kuat serta keseluruhan komponen dirakit kemudian dibungkus dalam resin supaya tahan terhadap getaran yang biasanya ditemukan pada sepeda motor 

Bentuk gambar koil :


Mungkin artikel saya yang bisa membantu anda tentang soistem kelistrikan pada sepeda motor, moga berguna.
 terimakasih.



Terima kasih atas kunjungannya



Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top