Pemeliharaan dan Menjaga busi

Pemeliharaan dan Menjaga busi

Assalamu'alaikum Wr . . . Wb . . .

     Sobat sobat pasti kenal yang namanya busi yang sering terdapat pada motor bensin,

Apakah sobat sudah pernah mendengar Maslah pada busi, saya akan membahas sedikit tips, masalah pada busi kereta sobat..
mungkin saja sobat sering kan mengalami kerusakan pada busi kerta sobat, atau Mobil sobat,,,
  Saya akan bagi ,yang mana saya sudah pelajari dari dulu, inilah pengalaman saya sobat, mungkin bermanfaat buat sobat,,,

   Langsu saja kita bahas maslah pada busi , tidak usah pangjang lagi,, 
langsung saja sobat simak samapai habis artikel saya ini, moga bisa di manfaatkan sebagai mana mesti nya...


Artikel saya kali ini akan membahas tentang memeriksa/memelihara busi,
Mungkin sobat belum tahu tentang bagaimana cara memelihara busi, mungkin dengan artikel ini anda bisa mepelajari tentang bagaimana cara merawat gusi mobil anda.


     Koil penyalaan digunakan untuk mengubah tegangan baterai menjadi tekanan yang lebih tinggi untuk dapat mencukupi lompatan api yang dibutuhkan pada electroda busi, untuk menghubungkan Terminal dari koil ke sistem pengapian harus berhati-hati jangan sampai Terbalik, koil harus dihubungkan dengan benar sebab pada terminal tegangan rendah yang diberi tanda + dan - (plus dan minus)


     Untuk melakukan pengetesan terhadap koil perhatikan petunjuk yang ada pada tester, lakukan pengetesan terhadap arus sekunder koil memungkinkan bocor, tahanan yang besar atau hubungan singkat, periksa tahanan primer koil dengan menggunakan tester, Periksa juga tahanan sekunder dengan tester lalu periksa isolator tahanan antara rumah koil dengan Terminal nya dengan menggunakan megaohmmeter.

    Cara melepaskan kabel tegangan tinggi pada busi jangan sekali-kali menarik atau menyentak dengan paksa sebab akan merusak inti karbon. Berikan kabel Tegangan Tinggi dengan kain yang dibasahi dengan larutan pembersih, kemudian gosoklah sampai kering, bengkokkan kabel-kabel untuk memeriksa kemungkinan sudah Getas atau rapuh, retak atau longgar hubungan nya. Periksa keadaan terminal kabel, bersihkan Terminal yang berkarat dan bila terdapat kabel yang putus atau melintir maka kabel ini harus diganti jangan mencoba mengubah panjangnya kabel atau memperpendek dan Jangan melakukan pembengkokan kabel terlalu tajam atau manekuk.


     Dalam memelihara koil penyalaan maka perlu di perhatikan hal sebagai berikut:
⚫ periksalah dan bersihkan terhadap karat pada terminal Tegangan Tinggi
⚫ pastikan bahwa kabel Tegangan Tinggi terpasang dengan baik.
⚫ periksalah dengan hati-hati kedua ujung dari kabel Tegangan Tinggi dan tahanan kedua ujung kabel ini kurang dari 25 kilo ohm.
⚫ lakukan hubungan kabel pada kontak pemutus dengan posisi tertutup.
     Pasanglah kabel Tegangan Tinggi kabel busi hubungkan kunci kontak dan lakukan kontak pemutusan harus beberapa kali lalu hal ini akan terjadi bunga api pada ujung lain kabel tegangan ini bila didekatkan dengan massa dengan kerenggangan 0,5 MM sampai 1 MM.

     Untuk menimbulkan arus listrik pada waktu permulaan putaran mesin starter maka diperlukan baterai akku guna memberikan arus pada mesin untuk dapat berputar, selanjutnya baterai diisi oleh arternator atau dinamo yang di putar oleh mesin.

Kita harus sering memeriksa dan mengetes baterai mobil Jangan sampai batrai itu mati pada saatnya kita memerlukannya, Tetapi kalau memang sampai terjadi demikian dan baterai mogok (macet) dengan tiba-tiba masih ada jalan keluarnya, kita dapat mengatasinya dengan mengganti baterai itu sendiri.
    Bentuk gambaran busi adalah:








Mungkin Subat  tau bagai mana bentuk gambar nya,,

Mungki hanya itu artikel pengetahuan tentang busi dari  saya
semoga saja bermanfaat.
Wasslam..




\
Terima kasih atas kunjungannya



Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top