Artikel Kali ini saya akan membahas tentang mesin.
baca dan fahami sampai habis, saya rasa pasti sobat bisa mengerti,,
Langsung saja kita bahas . . . . .
Mesin
Mesin atau motor merupakan sumber tenaga dari kendaraan.
Dilihat dari jenisnya, motor terdiri dari motor listrik, motor nuklir, motor
bakar dan lain sebagainya. Khusus untuk motor bakar, berdasarkan lokasi
terjadinya pembakaran, mesin dibagi menjadi 2 jenis, yaitu: mesin
pembakaran luar (external combustion engine) seperti pada mesin uap,
dan mesin pembakaran dalam (internal combustion engine) seperti mesin
bensin, mesin diesel, dan mesin wankel. Kebanyakan mesin pada mobil
menggunakan mesin pembakaran dalam dengan memanfaatkan piston,
dan yang selalu dikembangkan saat ini adalah mesin bensin dan mesin
diesel.
Untuk mendapatkan tenaga gerak kendaraan, diperlukan energi
panas yang diperoleh dari proses pembakaran. Untuk menimbulkan
energi gerak tersebut dibutuhkan beberapa elemen pendukung, yaitu:
• Udara , bahan bakar, panas
• Gerak bolak balik & gerak berputar
• Kompresi pada campuran udara - bahan bakar
• Siklus mesin
Syarat terjadi pembakaran meliputi bahan bakar (premium, solar,
biodiesel dan lainnya), oksigen dan panas (sistem pengapian pada mesin
bensin atau panas kompresi pada mesin diesel). Proses pembakaran ini
akan berlangsung secara berurutan dalam suatu siklus kerja yang akan
berulang-ulang. Siklus kerja ini terdiri dari :
1. Mengisi silinder dengan campuran yang mudah terbakar
(langkah isap)
2. Menekan campuran tersebut sampai pada volume tertentu
(langkah kompresi)
3. Menyalakan campuran sehingga mengembang dan
menghasilkan tenaga (langkah usaha)
4. Mengeluarkan gas - gas yang telah terbakar dari dalam silinder
(langkah buang)
Bentuk gambar Skema mesin 4 dan 2 langkah (tak)
Keempat langkah tersebut secara berurutan adalah langkah isap,
kompresi, usaha, buang. Silkus mesin sendiri dibagi menjadi 2, yaitu
siklus mesin 4 langkah/ tak dan mesin 2 langkah/tak. Mesin 4 langkah
dalam satu siklusnya terdapat 4 kali langkah piston , 2 ke atas dan 2 ke
bawah. Sehingga dalam satu siklusnya tercapai dalam 2 putaran poros
engkol. Sedang mesin 2 langkah dalam satu siklus terdapat 2 kali langkah
piston , 1 ke atas dan 1 ke bawah, dicapai dalam 1 putaran poros engkol.
Besarnya tenaga daya motor yang dihasilkan oleh suatu mesin
tergantung dari :
™
> Volume silinder
™
> Diameter silinder
™
> Perbandingan kompresi
™
> Efisiensi volumetric
™
> Efisiensi thermis
™
> Efisiensi mekanis
Kapasitas mesin dinyatakan dalam satuan cc (centimeter cubic) atau juga
liter. Kapasitas mesin ini juga bisa dijadikan indikator besarnya tenaga
gerak yang akan dihasilkan, walaupun demikian untuk cc yang sama
belum tentu memiliki tenaga yang sama. Terdapat variabel diameter
piston, langkah engkol, maupun konstruksi dari mesin itu sendiri.
Kapasitas silinder diperoleh dari rumus :
Dari rumus di atas, besarnya diamater silinder akan menyebabkan
kapasitas semakin besar (karena D dikuadratkan) sehingga daya motor
juga akan semakin besar. Berdasarkan perbandingan diameter dan
langkah, mesin dibagi menjadi 3 jenis, yaitu :
a. Square Engine = diameter sama dengan langkah
b. Oversquare Engine = diameter lebih besar dari pada langkah
c. Longstroke Engine = diameter lebih kecil dari pada langkah
Sedangkan daya secara teoritis (daya kuda indikator) dapat
dihitung dengan rumus:
Rumus di atas bersifat teoritis, karena daya motor sesungguhnya
dipengaruhi juga oleh efisiensi volumetris, kerugian gesekan, kerugian
panas dan lainnya.
Saat ini mesin yang terus dikembangkan ada dua kelompok besar,
yaitu mesin bensin dan mesin diesel. Perkembangan mesin ini terus
bersaing. Pada mesin bensin, komponen yang mendukung adalah sistem
bahan bakar, sistem pengapian, sistem pelumasan, sistem pendinginan,
sistem pengisian dan sistem kelistrikan. Sedangkan pada motor diesel
hampir sama, hanya tanpa sistem pengapian, pembakaran memanfaatkan
panas akibat tekanan yang tinggi di ruang bakar. Kemajuan yang terus dilakukan adalah peningkatan efisiensi konsumsi bahan bakar serta
penguarangan emisi gas buang.
Bentuk gambar Mesin mobil yang semakin kompak :
Sekian Artikel Tentang Mesin dari saya, semoga Bermanfaat dan Bisa jadi bahan belajar bagi sobat-sobat semua
Wassalam . . . . . .