Artikel saya kali akan membahas tentang
karburator, dan fungsi karburator, biasanya kaburator adalah alat utama untuk
mesin bisa hidup, bagi orang otomotif harus tau betul tentang karburator,
Kali ini saya akan membagilan info tentang karburator.
Kali ini saya akan membagilan info tentang karburator.
Karburator merupakan bagian dari komponen mesin motor yang berfungsi untuk mengabutkan bahan bakar,
Kerja dari karburator dimulai pada saat mesin dihidupkan, pada saat mesin hidup, mesin menghisap udara di luar yang masuk melalui karburator. Karena kecepatan udara yang masuk melalui spuyer kecil, maka tekanan udara di permukaan saluran masuk rendah, sehingga bahan bakar yang memancar melalui spuyer kecil. Campuran bahan bakar dan udara akan menghasilkan gas yang nantinya akan di bakar di dalam silinder.
Fungsi dari karburator adalah:
1.Untuk mengatur
udara dan bahan bakar ke dalam saluran hisap, di dalam selinder
2.Untuk mengatur suatu perbandingan antara bahan
bakar dan udara, pada berbagai bebankecepatan motor
3.Untuk mencampur bahan bakar dan udara secara merata.
3.Untuk mencampur bahan bakar dan udara secara merata.
Bagian-bagian
dari karburator itu sendiri
adalah:
⚫Mangkok karburator biasa di sebut (float chamber)
Yang berfungsi untuk penyimpanan bahan bakar sementara, sebelum di gunakan.
Yang berfungsi untuk penyimpanan bahan bakar sementara, sebelum di gunakan.
⚫Klep/jarum
pelampung sering di sebut (Float Valve)
Tugasnya mengatur masuknya bahan bakar ke dalam mangkuk karburator.
Tugasnya mengatur masuknya bahan bakar ke dalam mangkuk karburator.
⚫Pelampung
sering di sebut ( Floater)
Berfungsi sebagi pengatur bahan bakar, agar tetap pada mangkuk karburator tersebut
Berfungsi sebagi pengatur bahan bakar, agar tetap pada mangkuk karburator tersebut
⚫Skep/katup gas
sering di sebut (throtle valve)
Berfungsi untuk mengatur banyak nya gas yang masuk ke dalam silinder.
Berfungsi untuk mengatur banyak nya gas yang masuk ke dalam silinder.
⚫Pemancar jarum
Berfungsi untuk memancarkan bahan bakar, pada waktu motor di gaspol, besarnya bahan bakar yang keluar di atur oleh jarum skep yang terangkat ketika di gas.
Berfungsi untuk memancarkan bahan bakar, pada waktu motor di gaspol, besarnya bahan bakar yang keluar di atur oleh jarum skep yang terangkat ketika di gas.
⚫ Jarum
skep/jarum gas sering di sebut (needle jet)
Berfungsi untuk mengatur besarnya semprotan bahan bakar dari main nozzle pada waktu motor di gas.
Berfungsi untuk mengatur besarnya semprotan bahan bakar dari main nozzle pada waktu motor di gas.
⚫Pemancar besar
sering di sebut (main jet)
Berfungsi untuk memancarkan bahan bakar ketika motor di gas penuh (tinggi)
⚫Pemancar
kecil/stationer sering juga di sebut (slow jet)
Berfungsi untuk memancarkan bahan bakar waktu lamsam/stationer
Berfungsi untuk memancarkan bahan bakar waktu lamsam/stationer
⚫Skrup ga/baut
gas sering di sebut (trhottle screw)
Berfungsi untuk menyetel posisi skep sebelum digas.
Berfungsi untuk menyetel posisi skep sebelum digas.
⚫Skrup
udara/baut udara sering di sebut (air screw)
Berfungsi mengatur banyaknya udara yang akan dicampur dengan bahan bakar.
Berfungsi mengatur banyaknya udara yang akan dicampur dengan bahan bakar.
⚫Katup cup
sering di sebut (choke valve)
Berfungsi untuk menutup udara luar yang akan masuk ke dalam karburator sehingga gas menjadi kaya, cup ini digunakan pada waktu startt.
Berfungsi untuk menutup udara luar yang akan masuk ke dalam karburator sehingga gas menjadi kaya, cup ini digunakan pada waktu startt.
Sekian membahas tentang fungsi karburator, mudah-mudahan bermanfaat bagi orang yang ingin tau tentang info otomotif,
Bentuk gambaran
karburator:
Hanya ini yang dapat saya sampai kan dengan artikel ini, mudah-mudahan bermafaat buat anda
Wassalam....
Selalu Kunjungi Saya di