Kali Ini saya akan bahas tentang Transmisi (Gear box)..
Biar sobat pada tau,,
Langsung saja kita bahas, biar sobat cepat ngerti pelajaran, sobat di sekolah mesin, silahkan simak, artikel ini,,,
Prinsip dasar transmisi adalah bagaimana bisa digunakan untuk merubah kecepatan putaran suatu poros menjadi kecepatan yang diinginkan untuk tujuan tertentu. Gigi transmisi berfungsi untuk mengatur tingkat kecepatan dan momen (tenaga putaran) mesin sesuai dengan kondisi yang dialami sepeda motor. Transmisi pada sepeda motor terbagi menjadi;
a) transmisi manual,
b) transmisi otomatis.
Komponen utama dari gigi transmisi pada sepeda motor terdiri dari susunan gigi-gigi yang berpasangan yang berbentuk dan menghasilkan perbandingan gigi-gigi tersebut terpasang. Salah satu pasangan gigi tersebut berada pada poros utama (main shaft/input shaft) dan pasangan gigi lainnya berada pada poros luar (output shaft/ counter shaft). Jumlah gigi kecepatan yang terpasang pada transmisi tergantung kepada model dan kegunaan sepeda motor yang bersangkutan. Kalau kita memasukkan gigi atau mengunci gigi, kita harus menginjak pedal pemindahnya.
Tipe transmisi yang umum digunakan pada sepeda motor adalah tipe constant mesh, yaitu untuk dapat bekerjanya transmisi harus menghubungkan gigi-giginya yang berpasangan. Untuk menghubungkan gigi-gigi tersebut digunakan garu pemilih gigi/garpu persnelling (gearchange lever).
a. Transmisi Manual
Bentuk gambar transmisi manual :
b. Transmisi Otomatis
Transmisi otomatis umumnya digunakan pada sepeda motor jenis
scooter (skuter). Transmisi yang digunakan yaitu transmisi
otomatis "V“ belt atau yang dikenal dengan CVT (Constantly
Variable Transmission). CVT merupakan transmisi otomatis yang
menggunakan sabuk untuk memperoleh perbandingan gigi yang
bervariasi.
Bentuk gambar Transmisi otomatis:
Kedua puli masing-masing terpisah menjadi dua bagian, dengan
setengah bagiannya dibuat tetap dan setengah bagian lainnya
bisa bergeser mendekat atau menjauhi sesuai arah poros. Pada
saat mesin tidak berputar, celah puli penggerak (1) berada pada
posisi maksimum dan celah puli yang digerakkan (5) berada pada
posisi minimum.
Bentuk gambar Posisi dan cara kerja puli :
1. Ujung poros engkol
2. Puli penggerak
3. Bagian puli penggerak yang bisa bergeser
4. Sabuk (belt)
5. Puli yang digerakan
6. Poros roda belakang
7. Roller
Ketika celah puli mendekat, maka akan mendorong sabuk ke arah
luar. Hal ini akan membuat puli (2) tersebut berputar dengan
diameter yang lebih besar. Setelah sabuk tidak dapat diregangkan
kembali, maka sabuk akan meneruskan putaran dari puli (2) ke
puli yang digerakkan (5).
Jika gaya dari puli (2) mendorong sabuk ke arah luar lebih besar
dibandingkan dengan tekanan pegas yang menahan puli yang
digerakkan (5), maka puli (5) akan tertekan melawan pegas,
sehingga sabuk akan berputar dengan diameter yang lebih kecil.
Kecepatan sepeda motor saat ini sama seperti pada gigi tinggi
untuk transmisi manual (lihat ilustrasi bagian C ). Jika
kecepatan mesin menurun, roller puli penggerak (7) akan
bergeser ke bawah lagi dan menyebabkan bagian puli penggerak
yang bisa bergeser merenggang. Secara bersamaan tekanan
pegas di pada puli (5) akan mendorong bagian puli yang bisa
digeser dari puli tersebut, sehingga sabuk berputar dengan
diameter yang lebih besar pada bagain belakang dan diameter
yang lebih kecil pada bagain depan. Kecepatan sepeda motor
saat ini sama seperti pada gigi rendah untuk transmisi manual
Ini lah artikel kali ini sobat.
Moga berguna,,
Wassalam. . .
Ikuti saya di http://infootomotifsport.blogspot.com moga berguna..